DPP ALFI

Member
Password
   
Tentang ALFI
Sejarah
Visi dan Misi
Kode Etik
Lambang & Attribut
Struktur Organisasi
Program Kerja
Jadwal Rapat

Keanggotaan
Syarat Keanggotaan
Daftar Anggota
Pendaftaran Anggota

Khusus Anggota
Watch List Customer
Laporan Pengurus
Kesepakatan Harga
Iuran Anggota
Perpanjangan Izin
Program Kerja

Program Kerja Bidang Udara dan Hubungan Luar Negeri berdasarkan hasil muswil 2006 sbb:

  1. Untuk kedepannya, GAFEKSI diminta lebih proaktif terutama ada beberapa airlines yang tidak anggota IATA dan mempunyai rules sendiri. Disamping itu IATA agent diharapkan lebih informatif terhadap sub agent-nya untuk peraturan-peraturan yang diberlakukan oleh airline non IATA carrier. Disamping itu GAFEKSI agar melakukan pendekatan ke non BARC.
  2. GAFEKSI agar lebih meningkatkan upaya-upaya pemberlakuan stikerisasi di bandara Ngurah Rai.
  3. Usulan agar untuk pembebanan biaya sewa gudang dikenakan pada pihak yang melakukan kesalahan, misalnya apabila offload disebabkan oleh carrier, sewa gudang agar dikenakan kepada carrier.
  4. Untuk pembayaran sewa gudang agar ada kelonggaran, misalnya jika telat melakukan pembayaran 1 hari agar tidak dikenakan denda oleh warehouse.
  5. Usulan agar pihak GAFEKSI menegur perusahaan EMPU yang tidak memiliki ijin cabang.
  6. Shipment untuk Transhipment, apabila penundaan keberangkatan barang disebabkan oleh carrier agar tidak dikenakan sewa gudang (hanya dikenakan jasa handling saja).
  7. Dengan adanya perkembangan mekanisme penerapan custom clearance dimana barang bisa diterima di gudang MLC ataupun JAS harus menyerahkan PE atau Pemberitahuan Export yang ditandatangani oleh pejabat bea cukai. Kendalanya pejabat bea cukai yang bertugas sering tidak ada di tempat sehingga akan mengakibatkan keterlambatan keberangkatan barang. Agar GAFEKSI menyikapi atau mengantisipasi komitmen dari pejabat bea cukai konsisten stand by di tempat.
  8. Mengusulkan kepada instansi terkait untuk menyelenggarakan kursus kepabeanan dan PPJK (Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan) baru bernaung pada perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam GAFEKSI.


Program Kerja Bidang Laut, Darat dan Kepabeanan berdasarkan hasil muswil 2006 sbb:

  1. Melanjutkan program stikerisasi terhadap armada, yang berfungsi sebagai identitas dan diusahakan sedapat mungkin untuk mendapatkan hak exclusive di Pelabuhan Benoa.
  2. Mengusulkan Pelabuhan Benoa dibuka untuk kegiatan bongkar muat general kargo, yang selama ini jenis komoditas yang diijinkan masih dibatasi oleh Perda 3 tahun 2005, seperti furniture, handicraft dan sembako.
  3. Mengusulkan Pelabuhan Benoa menjadi sentra pelabuhan ekspor laut dan secara bertahap memindahkan kontainer tidak lagi lewat darat. Sehingga volume dapat ditingkatkan untuk menekan biaya dan frekuensi kunjungan kapal dapat bertambah. Bahkan diharapkan dapat menarik investor kapal yang lain dan juga mengusulkan pengerjaan custom clerance di Benoa karena selama hanya dapat dilaksanakan di Surabaya.
  4. Mengusulkan agar truk-truk besar dengan ukuran setara kontainer 40 tidak lewat darat lagi.

Program Kerja Bidang Organisasi dan Pngembangan SDM berdasarkan hasil muswil 2006 sbb:

  1. Pelaksanaan stikerisasi untuk masuk ke Areal Pelabuhan Benoa dan Bandara Ngurah Rai (mengadakan pertemuan dengan AD Bandara & PAP) selama ini belum berjalan secara efektif, diusulkan kepada pengurus yang baru untuk melakukan langkah langkah agar dapat lebih memberikan manfaat kepada anggota di periode yang akan datang.
  2. Pelaksanaan Black Listing Customer yang belum terlaksana agar dapat dilaksanakan dan berkoordinasi dengan instansi instansi terkait agar tidak terjadi lagi piutang yang tidak tertagih.
  3. Kejelasan mengenai Pengenaan PPN atas Margin ke Dirjen Pajak sesuai dengan pertemuan dengan Kanwil Pajak dan jajarannya ditetapkan tariff efektif 1% dari total freight dan handling ( usulan kepada Dirjen Pajak ) sebaiknya dibebankan kepada customer.
  4. Terus melaksanakan Pembinaan dan Penertiban terhadap perusahaan kargo yang belum memiliki ijin.
  5. Mengusulkan untuk membuat Yayasan / Koperasi dan kepemilikan Gedung secara permanent. Untuk sementara dana Gafeksi agar pengelolaannya ditetapkan sebagai dana abadi.
  6. Mengusulkan dalam Munas, untuk merubah tata cara pemilihan pengurus wilayah termasuk masa jabatan dengan cara musyawarah tetapi system one man one vote.
  7. Mengaktifkan web sebagai sumber informasi mengenai Gafeksi dan keberadaannya serta peraturan peraturan terkait dengan forwarder dan eksport.
  8. Membentuk Alumni BFFC Club ( Basic Freight Forwarding Course ).
  9. Bekerja sama dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha ( KPPU ) untuk menghindari persaingan tidak sehat dalam dunia freight forwarder agar dapat menghindarkan sistem duping dan penjualan dibawah standar minimum dan juga menghindarkan terjadinya monopoli.
  10. Bekerja sama dengan instansi terkait dan asosiasi eksport untuk membentuk Badan Promosi Eksport Bali.


Copyright © 2006 ALFI Bali, Sekretariat Jl. Seruni No. 29 Lt. II Denpasar Bali
Phone: 0361 235338 - Fax: 0361 235338